Mesin Virtual [Virtual Machine] .... Part 3

Mesin Virtual [Virtual Machine] .... Part 3 ini melanjutkan posting sebelumnya dengan judul Mesin Virtual [Virtual Machine] ... Part 1 dan Mesin Virtual [Virtual Machine] ... Part 2, yang telah sedikit membahas mengenai penjelasan mesin virtual dan berbagi informasi mengenai aplikasi-aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mesin virtual, dari yang gratis hingga berbayar.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi mengenai penggunaan aplikasi Oracle VirtualBox yang dijalankan di linux, untuk dimanfaatkan sebagai mesin virtual sistem operasi Microsoft windows, secara singkat menjalankan windows di dalam sistem operasi linux.

Software mesin virtual dapat dimisalkan sebagai sebuah komputer maya. Ketika sebuah sistem operasi diinstall di dalam software mesin virtual, misalnya VirtualBox, maka data-data sistem operasi tersebut akan diinstall di dalam sebuah sebuah harddisk virtual. Pada VirtualBox, harddisk virtual tersebut adalah sebuah file yang berekstensi *.vdi (Virtual Desktop Image).
VirtualBox memiliki dua versi yakni versi proprietary dan versi yang opensource, dan kedua versi tersebut gratis. Hanya saja di dalam versi open source terdapat fitur-fitur yang tidak ada bila dibandingkan dengan versi proprietary-nya. Untuk memudahkan instalasi dan update VirtualBox, kita menggunakan Synaptic Package Manager. Agar VirtualBox versi proprietary-nya berada di dalam list Synaptic, lakukan langkah-langkah berikut :

1. Menambahkan (sumber) source software
Membuka Software Source yang ada di dalam Synaptic Package Manager (System → Synaptic Package Manager, lalu di dalam Synaptic : Settings → Repositories).


Di bagian tab Other Software, klik tombol Add. Di bagian APT line, tambahkan sumber asal software VirtualBox. Daftarnya bisa dilihat di dalam ini situs download VirtualBox (download.virtualbox.org/virtualbox/debian karmic non-free) untuk host Linux, Untuk Menambah Sumber/Source nya dan langkah Instalasi Aplikasi silakan klik Instalasi Software di Linux.

2. Menambahkan Kunci Publik atau [public key].
Public key merupakan bagian dari sistem kriptografi yang digunakan dalam proses instalasi ini. Hal ini untuk memastikan bahwa software VirtualBox yang didownload memang berasal dari Oracle. Untuk menambahkan public key, pertama, unduh dahulu kuncinya di dalam situs download VirtualBox di atas. Default-nya, filenya akan bernama sun_vbox.asc.
Lalu, di dalam Software Sources, masuk ke tab Authentication, klik Import Key File, pilih public key yang sudah diunduh, dan akhirnya klik OK.

3. Reload software list
Setelah dua langkah di atas dilakukan, tutup Software Sources dengan mengklik Close. Setelah itu, klik Reload sehingga daftar software akan diperbarui. Setelah proses Reload selesai, cari VirtualBox di dalam Synaptic, kemudian install.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka anda telah menyiapkan aplikasi Mesin virtual menggunakan VirtualBox, yang nantinya aplikasi tersebut akan digunakan yang kami contohkan sebagai sarana menginstall sistem operasi Microsoft Windows, walaupun virtual box mampu diinstall sistem operasi lainnya. 

Untuk langkah-langkah instalasi sistem operasi microsoft windows pada Mesin virtual dengan virtualbox, akan kami lanjutkan pada Mesin Virtual [Virtual Machine] .... Part 4, sebagai akhir dari tema "Mesin Virtual". 
semoga bermanfaat ......to be continue (^_^)

posted under , |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments