Mesin Virtual [Virtual machine] ...Part 4 "End"

Aktifitas penulis yang dalam beberapa hari terakhir dilingkupi dengan kegiatan yang cukup menyita waktu, sehingga waktu untuk menulis terpaksa untuk dikurangi,...(curhat mode on). Baiklah melanjutkan posting sebelumnya mengenai mesin virtual, kali ini kami akan berbagi mengenai melakukan instalasi windows XP di dalam Virtual Box.

Untuk dapat melakukan pada tahapan berikut anda perlu untuk membaca posting sebelumnya, yakni Mesin virtual [virtual mesin] part 3. ketika anda telah sukses menginstalasi virtualbox di sistem operasi ubuntu anda, barulah anda bisa masuk ke tahap berikut. 

Sebelum anda masuk ke dalam tahapan berikut, kami menyampaikan bahwa instalasi windows Xp, atau sistem operasi, yang anda lakukan di virtual box, memiliki tahapan yang sama seperti anda melakukan instalasi pada komputer sebenarnya.

Berikut langkah-langkahnya :
  • Jalankan VirtualBox, lalu klik New untuk membuat mesin virtual baru. Virtual Machine yang dimaksud adalah membuat spesifikasi komputer virtual, seperti berapa besar ukuran harddisk, RAM, dan lain sebagainya. Tentu saja, spesifikasi yang dibuat tidak bisa lebih besar daripada spesifikasi komputer real yang kita punya. dan berilah Nama Mesin virtual anda.

  • Sesuaikan RAM dengan kebutuhan OS (Windows) yang akan diinstall. Hindari mengatur ukuran RAM lebih dari setengah RAM yang dimiliki komputer karena ketika OS (Windows) tersebut dijalankan, jumlah RAM yang dipakai sama dengan ukuran RAM yang diatur. Bila ukuran RAM nya terlalu besar, host-nya (Ubuntu) akan kekurangan memori sehingga ada kemungkinan performa host-nya akan menurun.

  • Karena Anda membuat Virtual Machine baru, maka kita akan membuat Harddisk Virtual baru. dan Untuk Storage Type, disarankan menggunakan Dynamic, karena ukuran file *.vdi akan disesuaikan dengan jumlah data yang masuk ke dalam virtual harddisk tersebut sehingga akan menghemat free space harddisk.
  • Dilanjutkan dengan mengatur ukuran maksimal harddisk virtual yang digunakan. Bagian Location menentukan di mana file *.vdi akan diletakkan. Bila lokasinya sama dengan nama virtual machine, file *.vdi akan diletakkan di tempat yang sama dengan file setting virtual machine tersebut (defaultnya ada di dalam home). Jadi bila ukuran partisi /home anda kecil, sebaiknya diletakkan di tempat lain. Kemudian mengatur ukuran maksimal harddisk virtual yang digunakan.

Sampai pada tahapan di atas anda telah menyiapkan komputer virtual untuk sistem operasi virtual anda nantinya, dalam hal ini windows Xp, adapun tahapan ini akan anda lakukan lagi ketika anda ingin menginstall sistem operasi virtual lagi, dan sekarang kami lanjutkan ke tahapan selanjutnya.
  • Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, akan muncul virtual machine yang sudah kita buat di dalam daftar. Tentu saja, virtual machine tersebut sama seperti sebuah PC tanpa sistem operasi. Bila dijalankan akan muncul First Run Wizard. Wizard ini membantu dalam proses instalasi sistem operasi.
  • Karena sebelumnya anda telah membuat file image CD Windows XP, sumber instalasinya akan mengarah ke file image tersebut. (bagi anda yang belum, silakan anda buat terlebih dahulu). Untuk itu, anda harus menambahkan file image CD tadi ke dalam Virtual Media Manager. Caranya cukup mudah, buka jendela Virtual Media Manager dengan meng-klik tombol bergambar folder pada bagian Media Source.
  • Setelah anda menekan next, maka anda akan sampai pada tahapan instalasi Windows Xp, layaknya anda melakukan instalasi pada komputer real.
Dengan demikian anda telah belajar untuk melakukan instalasi di sistem operasi ubuntu yang di dalamnya ada windowsnya. kami berharap anda dapat memanfaatkan untuk sarana belajar, akrena windows yang terinstal berada pada virtual, sehingga anda tetap menggunakan sistem operasi open source sebagai sistem operasi utama Anda.

Terima Kasih dan Kami tunggu tanggapannya. (^_^)v

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments