Mesin Virtual [Virtual Machine] ... Part 1

Berdasarkan pengalaman penulis, dan beberapa keluh kesah dari teman/rekan penulis, mengenai coba-coba sistem operasi baru yang di dapatnya, dan karena ingin segera mencoba sistem operasi tersebut, maka langsung saja diinstal di komputer/gadget nya tanpa berpikir panjang mengenai spesifikasi minimum, dampak terhadap kinerja, dan mungkin gangguan kegagalan dari sistem operasi tersebut, karena sistem operasi tersebut masih dalam versi ujicoba [beta], memang ada pepatah yang mengatakan "rasa ingin tahu dapat meracuni anda", sehingga terkadang membawa dampak yang kurang baik. (^_^)

Berdasarkan hal di atas, maka saya sedikit berbagi mengenai penggunaan mesin virtual [virtual machine] untuk menghilangkan rasa penasaran anda terhadap sistem operasi yang baru anda dapatkan, tanpa harus menggangu sistem operasi sesungguhnya, karena Mesin virtual [virtual mesin] merupakan "implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program layaknya sebuah komputer asli. atau dapat dipermudah dengan istilah "sistem operasi di dalam sistem operasi". 

Di sadur dari Wikipedia bahwa Mesin virtual bahwa pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli, yang pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali.

Dengan pengertian di atas maka, kita dapat melakukan instalasi beberapa sistem operasi di dalam mesin virtual kita, banyak aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah mesin vrtual, seperti VMWare, VirtualBox, Parallels, QEMUWindows Virtual PC.

Telah di sebutkan bahwa mesin virtual juga dapat melakukan virtualisasi terhadap perangkat keras, sehingga anda pun dapat membuat suatu ujicoba Jaringan komputer, karena anda seakan-akan menggunakan 2 komputer bahkan lebih, sehingga anda bisa melakukan simulasi terhadap sistem jaringan yang akan anda terapkan. 

Tulisan ini merupakan pembuka dari beberapa bagian [part] yang akan membahas mengenai Mesin Virtual, Semoga bagian pertama atau part 1 ini bermanfaat ..... (^_^), kami tunggu tanggapannya.


posted under , |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments