Mesin Virtual [Virtual Machine] ... Part 2

Telah di bahas pada posting sebelumnya, mengenai apa itu mesin virtual atau dalam bahasa inggrisnya "Virtual Machine". Untuk posting kali ini, kami ingin berbagi mengenai beberapa aplikasi mesin virtual yang telah disebut pada Mesin Virtual [Virtual Machine] ... Part 1,yaitu VMWareVirtualBoxParallelsQEMU, dan Windows Virtual PC. Sebagai catatan, bahwa aplikasi untuk mesin virtual memerlukan sumber daya / perangkat yang powerfull, hal ini dikarenakan anda akan berbagi dengan sistem yang nantinya anda install di dalam mesin virtual, yang memang akan memangkas tenaga perangkat Anda, karena sistem yang dijalankan tidak hanya satu, tetapi minimal 2 secara bersamaan yakni sistem operasi anda dan sistem operasi di aplikasi virtual Anda, berikut 5 Aplikasi Virtual tersebut kami bahas secara singkat : 

1. VMWare (Linux / Windows, Dasar: Gratis, Premium: $berbayar)
VMWare merupakan aplikasi mesin virtual yang memiliki dua versi, yang pertama VMWare basic / Workstation, dan VMWare Premium /Server, VMWare ini merupakan salah satu solusi bagi anda yang ingin menggunakan Mesin Virtual, hanya saja Untuk VMWare ini akan sangat membebani Load sistem operasi anda di awal Screen, Karena VMWare ini akan membuat NIC Virtual untuk keperluan jaringan, Ethernet adapter ini dapat anda gunakan untuk simulasi jaringan. 


2. VirtualBox (Linux / Mac / Windows, Gratis)



Aplikasi yang berikut ini merupakan aplikasi yang penulis sukai, bukan tanpa sebab atau alasan. aplikasi VirtualBox ini betul-betul tak berbayar alias Gratis, dan juga dukungan terhadap beberapa sistem operasi atau dikenal dengan sebutan multiplatform. Dan juga aplikasi ini berjalan dengan ringan, dan tidak membebani sistem operasi utama anda. 
Ada fitur yang menyebabkan VirtualBox berbeda dengan Aplikasi mesin virtual yang lain yakni "Guest Additions", Fitur ini tersedia untuk Windows, Linux, dan virtual mesin Solaris, memungkinkan Anda untuk menginstal perangkat lunak pada mesin virtual yang memberikan hak tambahan pada mesin host untuk tugas-tugas seperti berbagi file, berbagi drive dan peripheral , dan banyak lagi.


3. Parallels (Linux / Mac / Windows, $Berbayar)




Aplikasi mesin virtual yang ketiga adalah Parallels, Aplikasi ini lebih terkenal untuk versi Mac [Apple], yang pada akhirnya pengembangan dilakukan untuk Linux dan Windows, sehingga aplikasi ini juga multiplatfom. Aplikasi ini juga menunjang berbagai macam clipboard dan sinkronisasi, berbagi folder, dan printer, serta dukungan terhadap penambahan perangkat yang lain.


4. QEMU (Linux, Free)




QEMU, merupakan Aplikasi virtual mesin yang didedikasikan untuk sistem operasi Linux, yang dibangun dengan background sistem KVM (Kernel-based Virtual Machine). keistimewaan aplikasi ini adalah, QEMU dapat mengeksekusi/menjalankan kode dari luar sistem virtual/guest langsung pada perangkat keras host, bisa meniru mesin-mesin di seluruh jenis perangkat keras dengan dinamis.


5. Windows Virtual PC (Windows, gratis)




Aplikasi Mesin Virtual ini merupakan yang asli milik dari Microsoft, aplikasi ini tergolong aplikasi yang cukup ringan, hanya saja kelemahannya adalah virtual pc milik microsoft ini hanya mendukung versi windows awal saja. jadi jika anda ingin mencoba melakukan virtualisasi terhadap sistem operasi Microsoft Windows Vista Anda mungkin tidak akan berhasil (^_^).


Dari kelima aplikais mesin virtual tersebut, kami menyerahkan kembali pilihan kepada anda, mana kah yang anda gunakan, hanya saja kami harap anda menggunakan legal, atau pun yang gratis jika keadaan kantong kurang memenuhi [penulis : maaf].
Semoga bermanfaat dan Go Open Source (^_^) ....


bersambung ke ...... ke part III (please wait)

posted under , |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments