Mudahnya internetan pakai Modem Handphone di Linux ( Bag. II )

Untuk dapat menggunakan internet di komputer atau Notebook dengan modem HP yang harus pertama kali anda lakukan adalah pastikan HP telah terdaftar pada paket data layanan GPRS, karena layanan ini yang nantinya akan digunakan saat komputer telah terhubung dengan HP.

Untuk konfigurasi kali ini kami menggunakan beberapa alat dengan spesifikas sebagai berikut:
  • Nokia 3110c (GPRS aktif)
  • Bluetooth Dongle
  • Netbook Axioo-PICO
  • Linux Ubuntu 11.04
Koneksi yang kami gunakan adalah memanfaatkan bluetooth pada Nokia 3110c dan menghubungkannya dengan netbook menggunakan Bluetooth dongle USB. Dengan alat diatas kami mulai koneksi prosesnya.
1. Pasang USB Dongle Bluetooth pada komputer, dan Linux akan mendeteksi hardware bluetooth secara otomatis, seperti gambar dibawah.
 2. Hidupkan bluetooth pada HP dan lakukan proses koneksi dengan menekan icon bluetooth pada Menubar, dan pilih "set up new device"

3. Anda akan dihadapkan dengan set up koneksi bluetooth, lanjutkan dengan klik forward
4. Program akan mencari peralatan bluetooth dan saat bluetooth HP anda telah ditemukan pilih bluetooth dan tekan forward.
5. Proses "pairing device"  atau menhubungkan HP dengan komputer. Anda diminta untuk memasukkan pin pada HP anda, masukkan pin pada HP anda.
6. Kemudian centang "Access the internet using your mobile phone (DUN)", dan komputer akan mencari konfigurasi layanan pada HP anda, tekan terima/accept untuk mengijinkan komputer untuk mengakses HP anda. Tunggu sampai konfigurasi ditemukan oleh komputer.
7. Lalu muncul "set up a Mobile broandband Connection", dimana proses ini akan mengambil data jaringan telepon yang anda pakai, tekan forward untuk melanjutkan.

 8. Selanjutnya pilih negara, pilih indonesia (tentunya) dan tekan forward
9. Kemudian, pilih provider kartu telepon yang anda pakai, lalu tekan forward.
10. Setelah itu pilih jenis pembayaran/tarif internet yang akan digunakan, time based atau volumed based. sesuaikan dengan layanan yang diberikan oleh provider jaringan telepon anda.
11. Proses set up koneksi internet dengan HP telah selesai, informasi tentang konfigurasinya dimuncul seperti gambar berikut.
12. Selanjutnya kita harus mengaktifkan koneksinya agar komputer dapat terhubung terhubung dengan internet dengan memanfaatkan HP sebagai modem. Dalam proses ini anda akan diminta untuk memasukkan password untuk keyrings user, masukkan passwordnya dan tekan ok. Untuk mengaktifkan koneksinya lihat gambar berikut.
13. Setelah memilih koneksi internet provider kartu telepon dari HP, maka HP anda akan melakukan sambungan ke internet, ijinkan HP anda untuk mengakses internet dengan menekan tombol terima/accept. Dan proses dial internet akan dimulai, tunggu sampai terhubung dengan layanan jaringan telepon. Kemudian kalau sudah terhubung akan muncul keterangan seperti berikut.
13. Sampai disini anda sudah dapat menggunakan untuk browsing internet menggunakan browser favorit anda. =)


Selesai, hanya seperti itu saja untuk menghubungkan komputer kita dengan internet menggunakan HP sebagai modem. Pada dasarnya sistem Linux hanya memanfaatkan Bluetooth untuk koneksi dengan HP dan linux tidak membuat konfigurasi lagi pada sistemnya, linux hanya memanfaatkan konfigurasi yang telah ada pada HP anda. Begitu mudah dan simple internetan menggunakan linux. =)


Semoga bermanfaat, dan maju terus open source indonesia!

posted under , , , |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments