Mudahnya internetan pakai Modem Handphone di Linux ( Bag. I )

Bagi anda yang sudah menggunakan internet di rumah atau dikantor dengan internet provider yang biasa anda pakai, anda tidak wajib membaca artikel ini. Tapi untuk anda yang termasuk orang yang suka mobile, sering bepergian keluar kota atau daerah, dan selalu tak ingin ketinggalan update berita di internet, anda tidak boleh melewatkan untuk membaca artikel ini.

Handphone (HP)saat ini merupakan bagian penting dari kehidupan, tanpa HP orang akan merasa ada yang kurang dalam dirinya. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua sekarang memiliki HP. Tidak dapat disangkal lagi, bahwa dampak kemajuan teknologi telah membuat orang harus terus memperbarui (update) informasi setiap hari.HP selain digunakan untuk fasilitas telpon dan pesan elektronik (SMS/MMS), sekarang telah dilengkapi dengan banyak fasilitas. Misalnya adalah layanan data GPRS (General Packet Radio Service), dimana memungkinkan pengguna HP dapat mengakses internet menggunakan layanan data dari provider kartu telepon yang ada gunakan.

Selain digunakan untuk internet di HP, anda juga dapat memanfaatkan HP yang memiliki fitur GPRS untuk dijadikan modem untuk akses internet dari komputer anda. Mungkin anda yang telah punya pengalaman pernah setting modem HP untuk akses internet dari komputer, bisa melakukkannya dengan memanfaatkan program yang diberikan pembuat HP. Misalnya untuk HP merk NOKIA biasa menggunakan NOKIA PC SUITE, atau untuk HP merk lain juga memiliki program sejenis yang bisa digunakan untuk memanfaatkan modem HP di komputer.

Media penghubung yang dapat digunakan untuk modem HP pada komputer juga bermacam-macam, ada yang menggunakan kabel data yang berbentuk USB, atau bisa juga menggunakan Bluetooth. Bagi anda yang merasa punya HP yang punya fitur GPRS dan belum pernah dicoba untuk dihubungkan dengan komputer untuk akses internet silakan mencoba. Tentunya ada beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan. Mulai dari tarif untuk akses internet dan kecepatan akses datanya, tentunya untuk masing-masing provider telah memiliki informasi tentang hal ini, dan anda bisa mencarinya dari situs yang terkait.


Pada posting kami selanjutnya, kami akan membahas tentang bagaimana mudahnya konfigurasi Modem HP untuk akses internet pada sistem  operasi Linux.


* Beri komentar jika merasa tertarik dengan artikel ini.

posted under , |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments