Bagaimana sih Cara mengelola [manajemen] LAN ? .... Part 3

Kami melanjutkan berbagi mengenai manajemen LAN, yang kali ini kami merujuk pada opsi kedua yakni "Melakukan diagnosa dan membenahi masalah pada komunikasi LAN". 

Melakukan diagnosa pada LAN dapat dilakukan dengan melihat log system, (catatan dari sistem) yang tersedia pada sistem operasi. Sebagai contoh komputer A tidak dapat melakukan akses terhadap internet melalui port 3128 (port proxy), maka diagnosa dapat dilakukan dengan cara melihat log yang terletak di /var/log/squid/access.log (jika menggunakan aplikasi squid sebagai proxy), maka akan terlihat masalah yang terjadi pada komputer A tersebut. 

Hal di atas tidak berlaku jika yang menjadi masalah adalah perangkat kerasnya, sebagai solusinya maka harus dilakukan dengan cara membuat [human] log (catatan yang dibuat oleh manusia) yang kemudian dicatat dan dikumpulkan sebagai dokumentasi. 

Dan pada membenahi masalah pada komunikasi LAN, dapat dilakukan kegiatan yang tepat setelah mendapatkan informasi dari kegiatan diagnosa yang dilakukan. Semakin baik diagnosa yang dilakukan maka, semakin baik pula hasil pembenahan masalah yang dilakukan. Berikut ini beberapa masalah komunikasi pada LAN, antara lain :
  • Tidak tersambung (unconnected)
  • Komunikasi putus ditengah-tengah
  • melambatnya akses (internet atau intranet)
Pada masalah/kasus [melambatnya] akses (internet atau intranet) salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah tidak dikelolanya (manajemen) sumber daya terhadap akses tersebut, salah satunya adalah bandwidth. Sehingga bandwidth dikonsumsi dengan tidak merata. 

Sekali lagi, semoga bermanfaat dan kami tunggu tanggapannya (^_^)

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments