Penjelasan sederhana : IEEE 802.11

Jaringan wireless yang tengah mengalami perkembangan telah membawa perangkat baru dan aturan / protokol baru untuk menjalankan teknologi tersebut. ketika jaringan nirkabel/wireless digunakan untuk berkomunikasi maka sebetulnya teknologi tersebut berjalan disuatu aturan tertentu. setiap standart wireless/nirkabel memiliki berbagai macam karakteristik, seperti jangkauan ataupun kecepatan dalam melakukan transaksi data. 

Karakteristik maupun cara kerja dari perangkat wireless tersebut telah diatur oleh lembaga yang disebut IEEE [Institute of Electrical and Electronics Engineers], yang diberi nama 802.11, telah disebutkan di atas bahwa jaringan wireless terus berkembang maka IEEE telah memiliki beberapa standart untuk memenuhi kebutuhan akan transaksi data, antara lain :
  • 802.11a : 802.11a adalah standar satu-satunya yang menggunakan rentang frekuensi yang berbeda (5 GHz, bukan 2,4 GHz), jadi menggunakan standar ini berarti bahwa Anda tidak mungkin memiliki masalah dengan gangguan dari jaringan lain yang hampir sama populer atau lebih. Namun, karena frekuensi tinggi, sinyal-sinyal dari produk 802.11a umumnya tidak sejauh yang dijangkau oleh sinyal dari perangkat yang menggunakan standar lain.
  • 802.11b : standar jaringan nirkabel pertama yang banyak digunakan di rumah-rumah dan bisnis. Standar ini sekarang telah digantikan oleh 802.11g. 
  • 802.11g : standar yang paling banyak digunakan saat ini. Ini mirip dengan 802.11b tetapi merupakan versi perbaikan dengan kecepatan yang jauh lebih besar yaitu sampai dengan 54 Mbps. Produk standar 802.11g kompatibel dengan 802.11b, sehingga Anda dapat mencampur dua perangkat dalam jaringan nirkabel yang sama. sebagai catatan bahwa Standar 802.11a, tidak kompatibel dengan kedua standar ini dan bahkan tidak menggunakan frekuensi yang sama. 
  • 802.11n : Sebuah standar kompatibel dengan 802.11b dan produk g. Anda mungkin bisa mendapatkan kecepatan transaksi data sampai 540 Mbps, yang sepuluh kali lebih cepat dari standar yang ada. Selain itu, produk ini akan memiliki jangkauan lebih jauh dengan menggunakan teknologi [smart-antena] yang kuat, disebut Multiple Input Multiple Output (MIMO), yang sudah tersedia di beberapa produk-produk jaringan nirkabel. 
Dari beberapa karakteristik yang telah dijabarkan di atas, maka pemilihan standart apa yang akan digunakan, akan tergantung dari kebutuhan dan tujuan yang hendak dicapai dalam membangun jaringan nirkabel.
Semoga bermanfaat, dan Go Open Source ..... (^_^)

posted under |

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments