Ngotips (Ngopi Tips) : Aduh ... Kenapa Ya Netbook Saya ????

Sebelum saya menulis, terlebih dahulu saya mengucapkan terima kasih kepada Admin dari blog ini yang telah menerima saya sebagai salah satu penulis, walaupun saya masih amatiran di dalam menulis. (^_^), oleh karena itu sebagai permulaan saya memberi judul dari tulisan saya ini ngotips [ngopi tips] yang saya ambil dari beberapa literatur yang saya baca kemudian saya beri tambahan di sana - sini, tentunya harapannya guna memperbaiki tulisan sebelumnya (^_^)v.

Dengan perkembangan jaringan komputer yang telah merambah ke berbagai gadget dengan berbagai protokol yang telah disesuaikan sesuai dengan kebutuhan, internet telah masuk nyaris ke semua lini, di mulai dari warung kopi pinggir kota hingga fasilitas yang diberikan oleh instansi negeri maupun swasta untuk mempernyaman pengunjungnya. internet yang kini dapat diakses oleh banyak [gadget], telah menghadirkan pengalaman / gaya hidup baru di masa dan beberapa era ke depan.

Netbook merupakan salah satu gadget yang dapat digunakan untuk mengakses internet, perkembangan netbook sendiri relatif signifikan terutama bagi individu yang memiliki mobilitas tinggi, hal ini dikarenakan ukuran netbook yang relatif lebih kecil/imut untuk di bawa ke mana-mana. banyak alasan orang berpindah menggunakan netbook, processor yang relatif kuat untuk digunakan beberapa aplikasi menengah, display yang cukup baik, dukungan sistem operasi, media [touch screen], hingga pemasangan 3G built in pada netbook.

Sayangnya,perkembangan pengguna yang terus berkembang tadi terkadang tidak diimbangi pengetahuan untuk merawat netbook, sehingga pengguna merasa bahwa usia netbook relatif tidak sepanjang usia notebook pada umumnya [paling tidak ini yang saya temui], perawatan yang baik tentunya akan memperpanjang usia dari netbook / gadget yang kita miliki. berikut beberapa tips yang mungkin dapat anda manfaatkan :

  1. Jangan membawa notebook dalam kondisi masih "stand by", karena akan mempengaruhi harddisk. Hal ini disebabkan karena piringan harddisk masih dalam kondisi berputar, di mana mata harddisk dalam posisi tidak aman dan masih berada di atas piringan. Posisi ini bisa membuat hardisk mengalami goresan dan berakibat rusak atau hilangnya data. (Namun, saran ini tidak berlaku untuk notebook yang menggunakan storage SSD).
  2. Simpan notebook di tempat kering. Saat tidak digunakan, lebih baik disimpan rapi di dalam tas notebook untuk menghindari casing notebook terkena goresan. Letakkan notebook pada bidang yang datar dan hindari menumpuk barang di atas notebook ketika sedang tidak digunakan. Tumpukan benda di atas notebook akan menekan layar LCD dan bisa berakibat pada kerusakan layar, parahnya LCD bisa retak. Hindarkan juga notebook dari paparan sinar matahari secara langsung, karena komponen luarnya yang terbuat dari karet akan mengeras dan warna casing bisa memudar.
  3. "Cara Menggunakan" Hal ini tergantung pada jenis notebook yang Anda gunakan. Netbook, didesain utnuk menjalankan aplikasi ringan, seperti aplikasi office, aktivitas browsing, multimedia (musik, film non HD, editing foto ringan dan lain sebagainya), dan [sebaiknya] tidak dibenamkan dengan aplikasi lain yang menuntut kinerja tinggi.
  4. Sesuaikan aplikasi Anda dengan kinerja notebook/perangkat anda. Ingat, Menginstall banyak aplikasi yang [tidak penting] hanya akan membuat performa notebook/perangkat Anda melambat. Hal ini karena kapasitas hardsik semakin besar sehingga sistem oeprasi semakin sulit untuk dibaca.
  5. Layar LCD dan casing serta keyboard notebook Anda harus terjaga kebersihannya. LCD yang kotor, penuh noda dan cap tangan sangat tidak nyaman karena mengganggu penglihatan di layar. Untuk membersihkan layar notebook Anda, gunakanlah kain yang lembut. Kain harus dalam kondisi lembab saat diusapkan pada bidang layar. Untuk casing, bersihkanlah permukaannya dengan kain yang kering. Sedangkan pada keyboard, gunakan saja kuas berbulu lembut.
  6. Melakukan hal berikut :  Setting Power Management,  Memperbesar Kapasitas Memori (RAM),  Melakukan Defrag System, Menurunkan Kontras,  Matikan Proses/Program yang berjalan di background,  Jangan Tinggalkan CD/DVD pada Optical Drive, Lepas Perangkat dari USB port, Matikan Feature Konektivitas yang Tidak Perlu, Pilih Mode Hibernate [bukan Standby], Hindari Praktik Multi-tasking, Switching Graphics.
  7. Bersihkan kontak yang terbuat dari kuningan yang terdapat pada baterai dan notebook dengan menggunakan cotton bud dan contact cleaner. Ada baiknya Anda juga membiasakan menghabiskan daya baterai selama dua atau tiga hari sekali dengan cara menggunakan daya baterai saja saat digunakan dan bila warning low baterai muncul segera pasang adaptor kembali.
Demikian Tips untuk merawat netbook anda pada khususnya, dan semua gadget pada umumnya, Karena ini adalah ngotips [ngopi tips], maka mohon tanggapannya. (^_^)v, guna memperbanyak wawasan kita bersama, dan tentunya menjaga semangat saling berbagi ... Go Open Source.

posted under , |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments