Pelayanan Server (Services Server) : Part I

Pada arsitektur jaringan komputer client-server, komputer server memiliki beberapa pelayanan atau service yang diberikan kepada komputer client yang meminta pelayanan tersebut (request). Terdapat dua jenis dari komputer server, yaitu dedicated server dan undedicated server
Pada komputer server yang berjenis dedicated server komputer server memiliki satu pelayanan saja, sebagai contoh komputer server yang hanya melayani permintaan IP secara otomatis atau disebut dengan DHCP server. Jaringan komputer yang kompleks dan besar merupakan pengguna komputer server yang berjenis ini, hal tersebut dikarenakan karena setiap komputer harus melayani permintaan dalam jumlah yang banyak, sehingga jika menggunakan undedicated server dikhawatirkan pelayanan akan menjadi drop atau jatuh. Sehingga jaringan komputer yang besar akan memiliki beberapa komputer server yang disesuaikan dengan pelayanan yang akan diberikan. 
Pada komputer server yang berjenis undedicated server digunakan oleh organisasi yang memiliki jaringan komputer yang tidak terlalu besar, sehingga pelayanan komputer server yang digunakan cukup ditangani oleh satu komputer server saja, dan komputer server tersebut telah memiliki semua pelayanan yang dibutuhkan oleh organisasi atau lembaga tersebut.
Baik komputer server yang berjenis dedicated server atau undedicated server memiliki pelayanan yang relatif sama, hanya saja peletakan pada komputer server yang berbeda.

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments