Belajar MikroTik RouterOS™ ( Bag. II )

Akhirnya bisa posting lagi, karena beberapa hari utak-atik router MikroTik. Pada tulisan saya sebelumnya Belajar MikroTik RouterOS™ ( Bag. I ), kami sedikit membahas tentang pengertian MikroTik RouterOS™. Kali ini kita akan membahas apa sebenarnya gateway atau router pada jaringan komputer.
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda. Sedangkan Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing (wikipedia).
Jadi dengan kata lain semua akses yang dilakukan oleh komputer yang kita miliki akan selalu melewati gateway untuk terhubung dengan jaringan luar yang lebih luas yang disebut dengan jaringan "Internet". Coba perhatikan gambar berikut:
Dengan menggunakan MikroTik RouterOS pada jaringan lokal, semua akses internet akan selalu melewati router MikroTik.
Dengan adanya gateway dalam jaringan kita, akan semakin memudahkan dalam pengelolaan jaringan, karena komputer client tidak akan langsung mengakses internet.
Segitu dulu penjelasan tentang gateway atau Router pada jaringan komputer, ingin bertanya lebih lanjut silakan hubungi kita, atau bisa kita diskusikan di Forum.

Untuk download cara instalasi dan konfigurasi MikroTik RouterOS, silakan download disini.

posted under , , , |

1 komentar:

KERNEL2.6 mengatakan...

iya mas,, makasih masukannya.. :)

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments