Apa Linux Kebal Terhadap Virus?

Jawabannya "TIDAK".

Semua komputer yang terhubung ke dalam jaringan komputer memiliki kemungkinan untuk terkena virus. Tapi, seperti halnya yang lain, itu relatif. Jika Anda membandingkan kerentanan sistem operasi Windows dan Linux, maka banyak yang akan mengatakan bahwa sistem operasi linux lebih rentan terhadap virus. Mari kita pahami apa virus komputer, sebelum membahas masalah ini lebih lanjut.

Menurut Wikipedia, virus adalah program komputer yang dapat menyalin dirinya dan menginfeksi komputer. Namun pengertian itu terlalu umum untuk kita. Dari sumber wiki juga didefinisikan juga, "virus komputer" kadang digunakan sebagai semua jenis program malware, adware dan spyware yang tidak memiliki kemampuan reproduksi. Dengan menggabungkan dua definisi diatas, jadi virus komputer adalah setiap jenis kode berbahaya atau perangkat lunak yang dapat menginfeksi komputer dan mereplikasi / mendistribusikan sendiri atau sepotong kode berbahaya atau perangkat lunak yang dapat tanpa disadari didistribusikan melalui berbagai sarana elektronik.  

Upaya Terakhir

Komputer dapat menyebar melalui banyak cara, diantara:
  • Email Attachments
  • Mallicious URL
  • Di dalam Program ( Seperti Add-On Program)
  • Rootkit
Pada dasarnya, virus juga memiliki kemungkinan
besar menginfeksi mesin linux. Dan kita juga perlu melakukan suatu usaha agar kita tetap memiliki perlindungan terhadap komputer yang kita pakai.
Email Attachments
Mengapa lampiran file dalam suatu email tidak begitu berbahaya untuk sistem linux?, secara umum itu dikarenakan isi dari lampiran file tersebut ditujukan untuk pengguna sistem windows. Ketika kita menerima suatu pesan dari orang yang tidak kita kenal, kemudian terdapat lampiran file didalamnya, bisa jadi itu adalah suatu virus yang bisa menginfeksi komputer anda. Dalam file lampiran itu biasanya berbentuk file .zip atau .exe yang sistem linux tidak mengenali jenis extensi file exe.
Tetapi, ketika anda menerima pesan yang berisi lampiran dan berisikan file dengan jenis .deb, atau .rpm apa selanjutnya yang dilakukan? .deb adalah file untuk linux yang berbasis debian, dan jika anda berapa pada root mode dan anda membuka file lampiran itu, maka kemungkinan besar komputer anda dengan sistem linux akan terkena virus. sama juga untuk jenis file dengan ektensi .rpm, file ini dikenal untuk sistem yang berbasis redhat.

Untuk menghindari hal dari ancaman semacam ini, anda juga harus memahami jenis ektensi file yang dimengerti sistem anda. Harus tahu dulu sebelum melakukan sesuatu, jangan coba jika tidak tahu sama sekali.

Mallicious URL

URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu alamat di internet yang menunjukkan suatu halaman situs atau menunjukkan suatu file yang ada di internet. Mallicious URL, yaitu suatu alamat atau link yang berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan pada sistem. Selama ini belum ditemukan suatu URL yang dapat menyebabkan kerusakan langsung pada sistem linux. suatu mallicious URL bisa berupa alamat palsu yang menyamarkan diri menjadi suatu alamat yang aman. Bagaimana bentuk mallicious URL?, jika kita sedang browsing internet biasanya muncul pop-up yang berupa layar login, atau berbentuk layar agar memasukkan nomer pin rekening atau yang lainnya, maka hati-hatilah, bisa jadi itu adalah URL palsu yang dapat merusak sistem anda.

Apa ancaman ini bisa menyebabkan kerusakan langsung sistem linux? Tidak, akan tetapi mempengaruhi user. Pengalaman browsing internet yang berisi informasi anda bisa di ambil untuk tujuan tertentu. Anda harus menambahkan suatu proteksi agar informasi browsing anda tetap aman dan tidak dimanfaatkan oleh orang yang tidak berhak.

Danger Application

Sistem operasi linux adalah sistem operasi yang open source, makanya banyak sekali diluar sana aplikasi yang bisa digunakan untuk basis linux. oleh karenanya, jangan asal percaya dengan semua program tersebut. Sumber program open source yang OFFICIAL dari distribusi linux bisa anda percaya, tapi untuk sumber aplikasi yang lain, anda harus waspada dan harus diteliti dulu sebelum menginstal ke sistem linux anda.

Root Access?

Root kit adalah bahaya yang nyata, program ini dirancang untuk mengaburkan dirinya sehingga pengguna tidak tahu itu terinstal dan berjalan. rootkit adalah program yang jahat dan jika sudah terinstal sulit sekali atau bahkan mustahil untuk dihapus. dan beberapa kit root sangat berbahaya sehingga tidak bisa untuk dipulihkan sistem yang sudah terinfeksi.

Salah satu program yang bisa anda gunakan untuk menangkal rootkit adalah rkhunter, instal dan jalankan. coba anda lihat berapa banyak kit yang menyerang, tidak hanya menyerang server namun juga menyerang komputer desktop. rootkit menyerang komputer dengan alamat IP statis dan yang tidak memiliki firewall antara dalam (LAN) dengan jaringan internet.

Oke, setelah baca artikel ini kita harap anda mulai berpikir bahwa sistem operasi linux juga bisa terkena virus, tidak benar kalau ada pernyataan kalau linux kebal terhadap virus, kita kembalikan pada pengguna masing-masing.

Semoga bermanfaat.


Reference:
-  Linux.com, Myth Busting: Is Linux Immune to Viruses?

posted under , , |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments