Pelayanan Server Part VI : E-Mail Server

Pelayanan server selanjutnya yang kami coba untuk berbagi adalah E-mail server. Pelayanan E-Mail server ini merupakan pelayanan yang digunakan untuk melakukan pengiriman surat (mail) dengan menggunakan protokol internet. Yang pada sejarahnya pelayanan ini hanya digunakan pada kalangan akademik di wilayah kampus, dan dikenal oleh kalangan umum pada tahun 1990 (tanenbaum, 2003).

E-Mail yang menggunakan anatomi namauser@namadomain, seperti linx@gmail.com dengan keterangan sebagai berikut :

  • linx : nama pengguna yang dituju oleh mail server.
  • gmail.com : merupakan mail server yang dituju.
  • gmail : merupakan nama domain yang biasanya merujuk kepada suatu komputer atau suatu lingkungan jaringan atau nama lembaga.
  • .com : top level domain yang menunjukan bahwa nama domain berada di dalam kalangan pendidikan (education).
Seperti halnya pelayanan pada arsitektur jaringan client-server, maka pada E-mail server ini juga terdapa dua sisi aplikasi, yakni aplikasi pada sisi server dan aplikasi pada sisi client. Dan pada sisi mail client aplikasi yang dapat digunakan adalah SMTP, IMAP, atau POP3 (tanenbaum, 2003), berikut sedikit penjelasannya :


Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Pada jalur internet atau intranet yang menggunakan mail server, e-mail dikirimkan melalui koneksi yang menggunakan TCP pada port logical 25 pada mesin (komputer) tujuan. Pada port 25 tersebut mail daemon (sistem yang mengerjakan mail) berhubungan dengan SMTP (Simple Mail Transfe Protocol). 

Daemon ini berkerja dengan cara menerima atau menolak koneksi yang terhubung kepadanya dan kemudian melakukan penggandaan (copy) terhadap pesan yang menuju tempat penyimpanannya (mailbox). 

Dan daemon ini juga memberikan pesan kepada pengirim jika pesan yang dikirim bermasalah. Terdapat satu masalah di dalam penggunaan SMTP, yaitu SMTP mengirimkan e-mail sesuai waktu yang dikonfigurasi (biasanya 24 jam), hal ini menyebabkan hilangnya e-mail yang dikirim jika pada mail server terdapat banyak antrian, sehingga memaksa e-mai tinggal pada SMTP lebih dari 24 jam, maka tentu saja E-mail tidak akan sampai ke tempat tujuan.

Post Office Protocol Version 3 (POP3)
Post Office Protocol Version 3 (POP3) merupakan e-mail client yang berguna untuk mendapatkan e-mail, dengan menghubungi mesin ISP yang menyediakan layanan mail server.  POP3 dimulai ketika user memulai membaca E-mail. Pembaca e-mail akan menghubungi ISP kemudian menghubungkannya dengan TCP pada port 110, yang kemudian POP3 akan meminta untuk melakukan :
  • authorization
  • melakukan transaksi
  • pembaharuan
Penggunaan POP3 memungkinkan user, mengambil file pada mail server, dan meninggalkan sisanya tetap berada pada mail server, karena kebanyakan mail client memberikan seluruh e-mail dan membiarkan mailbox dalam keadaan kosong.

Internet Message Access Protocol (IMAP)
Pada user yang menggunakan satu account e-mail pada satu ISP dan yang hanya menggunakan satu komputer, POP3 dapat bekerja dengan baik. Pada perkembangannya seorang user dapat memiliki beberapa user account dan pada beberapa ISP. Hal ini menimbulkan masalah karena POP3 tidak dapat melakukan hal tersebut. Sehingga para pengembang membuat Internet Message Access Protocol (IMAP).

IMAP mendukung penggunaan beberapa user account dan beberapa ISP untuk menerima e-mail. Salah satu keunggulan IMAP adalah dapat digunakan dengan baik walaupun menggunakan modem yang lambat, termasuk pesan suara atau pengiriman video, karena mekanisme kerja pada IMAP yakni dengan melakukan pembagian pesan tersebut sebelum dan disatukan kembali pada saat di baca.

Pada penggunaan server, perlu dukungan pengguna Web Mail, yaitu web yang digunakan untuk mengakses mail. Seperti halnya domain besar seperti gmail, yahoo yang telah menggunakan web mail kompleks untuk sarana user melakukan akses terhadap mail. Pada penggunaan web mail pada intranet dapat pula dibangun webmail, salah satunya dengan menggunakan aplikasi webmail, seperti squireelmail.

Memang jika di baca sangatlah "teoritis", akan tetapi teori tersebut yang akan membuat hasil praktik semakin baik, semoga kami dapat berbagi bagaimana membangun/konfigurasi E-Mail server, silakan di tunggu (^_^)

Kami tunggu tanggapannya dan Go Open Source .... 

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments