Pengenalan Jaringan Komputer (Part II)

Pada pengenalan jaringan komputer Part I, telah sedikit disinggung mengenai apa itu jaringan komputer. Pada bahasan kali ini kami mencoba untuk berbagi mengenai manfaat dari jaringan komputer, sehingga jaringan komputer begitu banyak dimanfaatkan oleh banyak kalangan, 


Saat ini, kata jaringan komputer mungkin dapat digantikan oleh kata "jaringan komunikasi", karena "kami" berpendapat bahwa jaringan yang ada saat ini tidak hanya untuk komputer, sarana komunikasi telah meningkat seiring kebutuhan pengguna akan hal yang disebut dengan "mobilitas", perangkat komunikasi saat ini yang semula hanya untuk transmisi audio dan teks, telah banyak berubah menjadi perangkat komunikasi dan transmisi "data" (teks, gambar, audio, video, animasi).

akan tetapi secara subtansi manfaat jaringan itu sendiri tidaklah berubah, adapun manfaat jaringan komputer, diantaranya :



1. Aplikasi Multiuser 

Adanya program yang dapat dipakai bersamaan oleh banyak pengguna atau users sehingga perkerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Program yang dimaksud dapat diartikan sebagai aplikasi atau berupa sistem operasi. Sebagai contoh pada program (software) berjenis aplikasi maka program tersebut digunakan untuk suatu pekerjaan tertentu (contoh : kasir, perbankan) sehingga
dapat melayani konsumen dengan lebih cepat. Tentunya “kepercayaan” akan timbul dari konsumen, dengan membawa dampak terhadap peningkatan laba bagi instansi atau lembaga tersebut. 



2. Database Global 

Penyimpanan data terpusat di komputer server, Sehingga data lebih mudah dikelola dan dikendalikan oleh administrator. Maanfaat ini dirasakan sangat membantu di dalam pengelelolaan data. Sehingga proses simpan, edit, tulis, hingga executable dapat ditentukan hak aksesnya sesuai dengan user yang mengakses data tersebut. Manfaat database global ini, membutuhkan peran atau manfaat jaringan yang pertama, karena di dalam database global membutuhkan program yang bersifat multiuser. 


3. Pertukaran Informasi 


Sesuai dengan apa yang telah disebut di awal, mengenai distribusi informasi, pertukaran informasi ini memungkinkan data dari suatu komputer client dapat diakses oleh komputer client lainnya. Selain data yang bersifat logical pada pertukaran informasi ini, dapat pula dipertukarkan perangkat keras yang digunakan, seperti penggunaan sebuah printer untuk digunakan oleh seluruh pengguna pada suatu lembaga. Hal ini membawa dampak yang disebut dengan ”penghematan” dari sisi anggaran untuk pembelian perangkat keras. 


4. Standarisasi 

Standarisasi ini bertujuan untuk menghubungkan antara satu perangkat yang berbeda dengan perangkat yang lain. Perbedaan diantaranya meliputi jenis ataupun merk, tidak hanya dari segi fisik atau perangkat keras, pada perangkat lunak (software) perbedaan meliputi dari jenis sistem operasi dan aplikasi yang digunakan. Standarisasi bertujuan untuk memastikan supaya perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga monopoli dapat dihindarkan oleh para produsen pembuat perangkat keras maupun perangkat lunak. 


5. Kemudahan Perawatan 

sentralisasi atau pemusatan baik itu, sistem operasi ataupun data pada komputer server membawa dampak kemudahan terhadap perawatannya, karena pengendalian hanya terpusat pada satu objek atau objek yang lebih sedikit (jika lebih dari satu komputer server), jika dibandikan dengan jika harus merawat komputer yang tidak menggunakan jaringan komputer, tentunya data akan tersebar ke seluruh komputer. Sehingga relatif akan lebih sulit dalam hal perawatan, terlebih lagi dalam back up data yang tersebar. 


6. Pengaksesan Data dari Jarak Jauh 

Seorang manajer terkadang tidak selalu berada di tempat. Padahal manajer harus mendapatkan informasi dengan cepat, dengan kata lain informasi harus mengikuti manajer tersebut, sehingga ketika seorang manajer tersebut membutuhkan informasi maka dapat segera mendapatkannya. Dengan menggunakan jaringan komputer, maka didapatkan manfaat pengaksesan data dari jarak jauh. Akan tetapi di dalam penggunaan manfaat ini, diperlukan metode keamanan guna menjamin tidak ada kejahatan teknologi di dalamnya.


posted under |

2 komentar:

Hikmah mengatakan...

cukup jelas penjelasanx jadi gampang buat dipelajari.

Mas Yuyu mengatakan...

YUPS, tinggal dikembangkan aja

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers

Like Us On Facebook!

    Blog Archive


    Update Information Via Email :


Recent Comments